Pages

Ads 468x60px

Minggu, 17 Maret 2013

Perfume

Menjaga Kesehatan dengan Wewangian

Dari Abu Hurairah Ra., ia berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa ditawarkan kepadanya wewangian, maka janganlah menolaknya, karena sesungguhnya aroma wewangian ringan bebannya dan harum aromanya.” (HR.Muslim)

Dari Anas Ra, bahwa Nabi Saw tidak menolak jika ditawari minyak wangi (HR. Al-Bukhari) (Ibnu’l Qayyim Al-Jauziyyah, Zadu’l Ma’adi fi Hadyi Khayri’l ‘Ibadi, Juz 4.t.t 278)

 Wewangian dan jiwa memiliki kaitan sangat erat. Wewangian salah satu yang paling disukai Nabi Saw.   Al-Bazzar dalam Musnadnya meriwayatkan bahwa Nabi Saw bersabda  “Sesungguhnya Allah Mahabaik, dan menyukai kebaikan, Mahabersih dan menyukai kebersihan, Maha Pemurah dan menyukai kemurahan, Mahamulia dan menyukai kemuliaan karena itu bersihkanlah halaman rumah, dan janganlah menyerupai Yahudi, karena mereka mengumpulkan sampah atau kotoran di rumah mereka.” (Hadis ini diriwayatkan pula oleh At-Tirmizi dengan perbedaan redaksi)

Diriwayatkan dalam hadis shahih bahwa Nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah mempunyai hak yang mesti dtunaikan oleh setiap muslim berupa mandi sehari (jum’at) di setiap 7 hari, dan memakai wewangian jika mempunyai.”

Malaikat sangat menyukai wewangian sedangkan setan membencinya. Setan menyukai bau busuk sementara jiwa yang baik menyukai bau harum  dan yang baik. Sedangkan jiwa yang buruk menyukai bau busuk. Maka wanita yang kotor hanya cocok untuk laki-laki yang kotor begitu pula sebaliknya. Sedangkan wanita yang baik hanya cocok untuk laki-laki yang baik, begitupula sebaliknya. (Ibnu’l Qayyim Al-Jauziyyah, Zadu’l Ma’adi fi Hadyi Khayri’l ‘Ibadi, Juz 4.t.t 278-280)

Sumber:
 Al-Qur’an Cordoba : amazing, 33 Tuntunan Al-Qur’an untuk Hidup Anda

0 komentar:

Posting Komentar

 

About