Pages

Ads 468x60px

Minggu, 12 Agustus 2012

Kiss Cinta

CIUMAN 

Berciuman adalah gairah dan keromantisan yang membuat dua orang tak mau terpisahkan. Berciuman dengan orang yang tepat memang membuahkan rasa nyaman dan aman. Ketika perasaan saling melambung, kegembiraan pun berlimpah ruah. Bibir adalah daerah sensitif ketimbang alat vital.

Berciuman membuat otot disekitar wajah bergerak, tak hanya otot bibir, muka leher juga bergerak. Seperti halnya senyum, semua gerakan otot-otot tersebut membuat anda tampak lebih muda, cerah, bahagia dan sehat. (Prof Bryan Stamford dari Universitas Lovisville, AS). Tak hanya efek psikologis yang dapat diraih tetapi juga efek kesehatan yang bisa membakar sejumlah kalori.  

Jika ciuman dilakukan mendalam dan penuh gairah, berciuman ada kemungkinan menggandakan rata-rata metabolisme dan membakar 2 kalori/menit. Jika seseorang berciuman penuh gairah selama 15 menit berarti membakar kalori sampai 30 kalori, sama dengan ia melakukan hubungan seksual, asalkan dilakukan dengan pasangan yang saling mencintai.
Ciuman bisa disebut sebagai Meditasi Sensual, karena ciuman dianggap sebagai pengusir kecemasan, menghalau segala kerumitan dan seketika melambungkan pikiran dengan memberikan pengalaman menyenangkan.

Jadi ciuman secara umum dapat bermanfaat sebagai:
  •  Membantu mengurangi ketegangan
  •        Memberikan pengalaman rileks, hangat, bergairah dan mesra
  •     Membuat seseorang memberikan perhatian penuh, sehingga terjadi perubahan kimiawi dan terjadi perubahan dalam gelombang otak yang menghasilkan sesuatu yang serupa ketika seseorang melakukan meditasi (damai dan tenang)
  •     Kenaikan level hormon oxytocin (hormon ketenangan), maka berciuman dalam dan tenang memicu perasaan cinta
a.Ciuman Sehat

Ciuman sehat bisa dirasakan apabila dilakukan dengan pasangan yang saling mencintai dan menyayangi tanpa sering berganti pasangan. Aktivitas ini muncul sebagai kekuatan ketika kita berhubungan dengan orang yang memberi perhatian besar, kita akan merasa diri sehat dan seluruh tubuh terasa ringan ketika rasa gembira yang berlimpah (Joy Davidson, psikolog dan seksolog klinis di Seattle)

Manfaat Ciuman Sehat:
  •     Bermanfaat bagi kesehatan gerakan aktif yang dilakukan oleh setiap orang, seperti berciuman, berpelukan, dan berhubungan seksual akan menjaga seseorang agar tetap sehat (Stamford)
  • Meningkatkan produksi air liur, mampu mengusir bakteri di gigi. Keberadaan air liur tersebut bisa membantu mengurangi plak pada gigi (Mathew Messina, dokter gigi di Fairview Park, Ohio dan penasihat konsumen pada American Dental Association)
  •     Efek psikologis ciuman tak kalah dengan meditasi seks dan ciuman yang menjadi bagian dari manajemen stress, membuat kita bertahan hidup lebih lama (Stamford)

b.Ciuman Tidak Sehat

Ciuman tidak sehat apabila ciuman itu dilakukan dengan lidah (French kiss) dan sering berganti pasangan. Dalam gaya ciuman French kiss, lidahlah yang sangat berperan padahal lidah memiliki permukaan yang sensitif, tak mengherankan bila sensasinya bisa melesat tapi seketika itu pula bakteri bisa mudah berpindah antara dua manusia, hal ini bisa disebut  dengan kenikmatan dan bencana bergandengan.

Kaitan French Kish dengan penyebaran bakteri meningococcal dikemukakan oleh Prof. Robert Booy, Wakil Direktur National Centre for Immunization Research and Surveillance pada RS Anak Westmead, Sydney Australia bahwa:

Berciuman dengan lidah berpotensi tinggi menyebabkan penyebaran bakteri meningococcal, khususnya bagi orang yang sering berganti pasangan”.

Jenis bakteri tersebut hidup dalam tubuh manusia. Biasanya ia mencapai puncaknya pada masa awal kanak-kanak dan menjelang dewasa. Pada tahap awal bakteri itu hanya memicu timbulnya penyakit meningococcal, tapi bila semakin memburuk bisa mendorong serangan penyakit meningitis (peradangan pada selaput otak) dan penyakit septicaemia (salah satu jenis penyakit keracunan darah).

Gejala meningitis bisa dilihat dari gejala-gajala berikut ini:
  • Suhu badan meninggi dan demam, tapi kaki dan tangan terasa dingin
  •      Muntah-muntah yang kadang diiringi diare
  •      Sakit kepala berat
  •      Rasa sakit di persendian dan otot, dan ada kemungkinan perut kram
  •      Leher terasa kaku
  •      Tidak suka melihat cahaya terang dan kehilangan konsentrasi
Selain meningitis, sebenarnya ada sejumlah penyakit infeksi lainnya yang dengan mudah ditularkan melalui ciuman seperti:
  •  Penyakit gondok
  •       Sakit tenggorokan
  •      Infeksi Cytomegalovirus (jenis virus yang bisa ditemukan pada air liur, urine dan cairan tubuh lain) atau bisa disebut virus herpes, dimana gejalanya bisa berupa gejala pembengkakan kelenjar getah bening, demam, dan rasa lelah yang terus menerus.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About