Pages

Ads 468x60px

Minggu, 10 Maret 2013

Bread

Roti (Khubz)
 
Dari Abu Sa’id Al-khudriy Ra, ia menceritakan bahwa Rasulullah Saw, bersabda, “Pada hari kiamat bumi bagaikan sekeping roti, Allah Al-Jabbar memutar-mutarnya dengan tangan-Nya, sebagaimana salah seorang di antara kalian bisa memutar-mutar rotinya dalam perjalanan, sebagai kabar gembira bagi penghuni surga.” (HR.Bukhari) (Ibnu’l Qayyim Al-Jauziyyah, At-Tibbun Nabawi, t.t: 234)


Khasiat
  • Dilihat dari proses pembuatannya, jenis roti yang paling baik ialah roti yang dibakar di atas tungku dan padat dagingnya, lalu roti panggang
  • Selanjutnya, roti yang dimasak di atas abu panas. Jika diamati dari bahan baku maka roti yang paling baik adalah yang terbuat dari gandum yang masih segar. 
  • Selain itu bila dilihat dari nilai kandungan gizinya maka roti tepung putih yang paling banyak kandungan gizinya.
  • Kemudian dilihat dari aspek waktu mengkonsumsinya maka waktu yang paling untuk memakan roti adalah pada petang hari, pada hari yang sama pembuatannya 
  • Sedangkan roti yang lembut paling mudah dicerna dan kebalikannya adalah roti yang kering. (Ibnu’l Qayyim Al-Jauziyyah, Zadu’l Ma’adi fi Hadyi Khayri’l ‘Ibadi, Juz 4, t.t: 304-305)  
Sumber:
 Al-Qur’an Cordoba : amazing, 33 Tuntunan Al-Qur’an untuk Hidup Anda


0 komentar:

Posting Komentar

 

About