Pages

Ads 468x60px

Jumat, 16 November 2012

Whitish Disease

Keputihan

Penyebab Keputihan, yaitu:

Candidosis
Penyebab paling umum gatal2 pada vagina. Infeksi sering mengenai vulva dan menimbulkan gatal2. Jamur menyerang sel pada saluran vagina dan sel-sel kulit vulva. Pada beberapa wanita jamur masuk ke lapisan sel yang lebih dalam dan beristirahat di sana sampai diaktifkan kembali karena suatu alasan. Sel-sel yang terinfeksi tidak terlalu parah gugur ke dalam vagina sehingga menyebabkan keputihan.

Sekitar 15 % wanita terinfeksi, tetapi gejala keputihan dan gatal-gatal hanya terjadi dalam 3% sampai 5% wanita.

Candida albican, tumbuh lebih cepat jika lingkungan mengandung glukosa, lebih umum terjadi pada kehamilan atau pada para wanita penderita diabetes. Dalam beberapa kasus, wanita ada yang terinfeksi akibat pasangannya mengalami gatal-gatal pada penis, khususnya pada kepala penis.
Dalam 90% kasus, perawatannya mudah. Diberi tablet anti jamur atau krim (imidazoles) yang ditempatkan pada vagina selama 1 malam atau 3 malam tergantung keinginan dan nasehat dokter. Jika suka dapat minum obat anti jamur yang disebut ketoconazole, 2 kali sehari selama 5 hari. Jika kulit vulvanya gatal-gatal, dapat diberi salep anti jamur yang dioleskan pada daerah gatal.

Jamur tumbuh lebih cepat di lingkungan yang hangat dan basah, sehingga sebaiknya tidak menggunakan celana yang ketat dan memilih celana dari bahan katun

Trichomoniasis
Infeksi vagina terjadi ketika organisme hidup sangat kecil (trichomonad) masuk dalam vagina. Biasanya setelah hubungan kelamin dengan pria yang terinfeksi. Trichomoniasis menginfeksi sekitar 1 dalam 10 wanita, kadang-kadang selama tahun-tahun mereka aktif secara seksual. 

Organisme tersebut seukuran dengan sel darah putih dan mempunyai bulu getar serta sebuah ekor yang kuat. Pada kebanyakan wanita, jamur ini hidup pada saluran vagina dan tidak menimbulkan gejala. Pada kebanyakan pria hidupnya dalam saluran kencing di penis. Tetapi pada beberapa wanita, karena sejumlah alasan yang tidak diketahui ini menyebabkan gatal-gatal pada vagina dan vulva yang cukup parah. 

Karena pasangan seksual sering menularkan trichomonad tanpa mengetahuinya, maka sebaiknya pengobatan diberikan kepada si pria dan pasangannya, dengan meminum tablet metromidazole (flagy) diminum 3 kali sehari selama 7 – 10 hari, atau 1 tablet tinidazole (fasigyn). Orang yang meminum metromidazole dan tinidazole sebaiknya menghindari peminuman alkohol karena mempunyai efek antabuse.

Bacterial Vaginosis
Penyebab keputihan yang ketiga adalah infeksi oleh gardnerella yang berinteraksi dengan baksil anaerobic yang biasanya terdapat pada vagina. 

Keputihan itu encer, bau amis tajam, berwarna abu-abu kotor. Ini disebut “amine vaginosis” karena amine diproduksi  dan menghasilkan bau amis. Amine vaginosis dapat diobati dengan metronidazole atau tinidazole.

Wanita yang menderita bacterial vaginosis lebih mungkin melahirkan bayi premature. Jika hal ini terjadi sebaiknya perawatan dilakukan selama kehamilan

Penyebab Emosional


Seperti kecemasan, depresi, hubungan buruk, atau masalah psikologis yang khusus, jika dia siap membicarakan masalah tersebut dengan seorang pensihat maka keputihan dapat segera dihentikan.




Ada 2 Jenis Keputihan, yaitu:

Keputihan Fisiologis
Keadaan normal, organ vagina memproduksi cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna dan jumlah tidak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan di dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual. 

Jenis keputihan ini biasanya sering terjadi sebelum menstruasi, sesudah menstruasi dan saat masa subur. Biasanya saat kondisi-kondisi tersebut sering terdapat lendir yang berlebih, itu adalah hal normal, dan biasanya tidak menyebabkan rasa gatal serta tidak berbau. 

Keputihan fisiologis pada wanita hamil tidak berpengaruh terhadap janin secara langsung, karena adanya selaput ketuban yang dapat melindungi janin.Keputihan normal atau disebut Keputihan fisiologis memiliki ciri-ciri :
  1. Cairan yang keluar tidak berbau
  2. Tidak menyebabkan gatal
  3. Cairan keputihannya encer
  4. Cairan yang keluar berwarna krem atau bening
  5. Jumlah cairan yang keluar tidak terlalu banyak

Keputihan Patologis
Keputihan patologis dapat menyebabkan berbagai efek sangat mengganggu bagi kesehatan wanita pada umumnya dan khususnya kesehatan daerah kewanitaan. Keputihan tidak normal atau patologis saat hamil juga dapat mempengaruhi kesehatan janin. Berikut ini adalah ciri-ciri keputihan patologis :
  1. Keputihan patologis menyebabkan rasa gatal
  2. Cairannya bersifat kental
  3. Cairan yang keluar memiliki warna putih seperti susu, atau berwarna kuning atau juga hijau
  4. Cairan yang keluar memiliki bau yang tidak sedap
  5. Biasanya menyisakan bercak-bercak yang telihat pada celana dalam wanita
  6. Jumlah cairan yang keluar sangat banyak.
Keputihan pada wanita ternyata dapat mengakibatkan kemandulan dan kanker. Hampir setiap wanita pernah mengalaminya. Data penelitian tentang kesehatan reproduksi wanita menunjukkan 75% wanita di dunia pasti menderita keputihan paling tidak sekali seumur hidup dan 45% diantaranya bisa mengalaminya sebanyak dua kali atau lebih.

Cara Membasuh Setelah Buang Air

Cara membilas alat kelamin yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil, sebaiknya membilas alat kelamin dari arah depan ke belakang ke arah anus.

Pengobatan Tradisional

Obat keputihan tradisional itu yaitu daun sirsak dan kulit manggis. Karena kulit manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodium, dan zat besi.

Kulit Buah Manggis
 Cara Pengolahan:
Kulit manggis dikerok bagian dalamnya dengan sendok lalu dijus. Ambil 1-3 buah kulit manggis, kerok lalu diblender/juicer. Agar manis tambahkan madu secukupnya, bisa juga ditambah gula aren atau gula merah/jawa. Semakin banyak kulit manggis yang dipakai semakin pekat hasilnya dan rasanya pun juga sepat. Tetapi kalau kena bagian yang hitam atau getah kuning jusnya akan ada rasa pahit

Daun Sirsak
Cara Pengolahan:
  • Ambil 10-15 lembar daun sirsak yang masih segar dan berwarna hijau tua lalu cuci hingga bersih
  • Siapkan 3 gelas air putih bersih
  • Rebus daun sirsak dengan air tersebut hingga kira-kira air sekitar tinggal 2 gelas saja
  • Minum sisa air rebusan tersebut 2 kali sehari

  

Daun Sirih


Cara Pengolahan:
Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina.






Makanan Bagi Penderita Keputihan
  • Makanan yang tinggi serat dan protein, dilengkapi karbohidrat kompleks dan sejumlah porsi kecil buah segar
  • Sayur-sayuran yang tidak mengandung tepung seperti: daun2 hijau, ketimun, paprika berwarna merah, kol, bawang Bombay, dan bawang putih (menguatkan system pertahanan tubuh dan menghindarkan tubuh dari jamur Candida)
  •  Ketika memilih protein, termasuk ikan, daging, unggas (ayam), pilih yang dibakar, direbus, dipanggang, atau ditumis dengan olive oil
  •  Hindari makanan yang daging/sayur yang disalut tepung/ tepung roti
  • Hindari makanan yang mengandung ragi dan fermentasi seperti roti yang dibuat dengan ragi, keju, pasta, tomat, jamur dan bir
  • Jangan mengkonsumsi minuman bergula, termasuk soda, alcohol,  dan jus buah yang ditambah gula
  • Batasi  konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung glikemik, seperti pisang, kentang,jagung manis, anggur
  • Llywellyn, Derek – Jones. 2005. Setiap Wanita. Jakarta: Delapratasa Publishing

0 komentar:

Posting Komentar

 

About