Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 01 September 2012

Process Education Children in the Womb Stage 2


LANGKAH – LANGKAH  PROSES APLIKASI PENDIDIKAN  ANAK DALAM KANDUNGAN # 3
 
2.  Tahap Aplikasi (Proses Pendidikan)

b. Stadium 2 


Umur Janin


Materi Pelajaran

Sub Materi


Langkah-Langkah Pendidikan



28-29 Minggu

7-7,1 bulan


Ibadah

Adzan

1.Temukan kepala bayi, gunakan cerobong suara atau tape recorder

2. Bacakan lafal adzan atau hidupkan tape isi suara adzan, dengan suara sedang

3. Lakukan 5 kali sehari, sesuai waktu shalat wajib


Wudhu

1.Temukan kepala bayi

2.Katakan, “Nak…mari wudhu,” dalam 1 detik, langsung ibu mengambil air wudhu, sambil percikan airnya sedikit ke perut ibu

3.Di tengah wudhu si ibu selalu berupaya melibatkan anak dalam kandungannya secara bersama-sama


Shalat

1. Temukan kepala bayi

2. Katakan, Nak…mari shalat,” dalam 1 detik. Langsung si Ibu melakukan takbiratul ikhram

3.Di tengah shalat si Ibu selalu berupaya untuk melibatkan anak dalam kandungannya secara bersama-sama, sambil membaca, berdoa, dan amaliah shalat


Al-Qur’an

Surah2  Makiyah: Muhammad, Yasin, Thaha, Kahfi, Maryam, Ar-Rahman, Al-Waqiah, Luqman, As-Sajdah, Ibrahim, Al-Mulk, dsb

1. Temukan kepala bayi

2.Arahkan cerobong suara ke perut ibu tepat di atas kepala bayi/ letakkan tape recorder di atas perut ibu dekat kepala bayi

3.Katakan kepada bayi: “ Nak..mari baca Al-Qur’an, kamudian hidupkan tape recorder yang berisi suara bacaan Al-Qur’an

4.Pembacaan Al-Qur’an tersebut dilakukan selama 5-7 kali/sesi sehari @ 10-15 menit setiap kali/sesi


29–30 Minggu



7,1 – 7,2 bulan

Bahasa

Kata Utama

PERHATIAN

1.Latihan bahasa dilakukan 2-5 kali/ hari @ 2-4 kata utama

2.Latihan bahasa dilakukan bersamaan dengan sensasi dan ucapan kata utama

3.Perhatikan petunjuk khusus masing-masing latihan bahasa (Kata Utama) tersebut


a. Sentuhan:
tepuk, usap, tekan, guncang, belai, ketuk


1.Temukan posisi pantat bayi

2.Katakan: Assalamualaikum…ini Mama.”

3.Sambil menepuk perut ibu, tepat diatas pantat bayi, katakan pada bayi: “Mama tepuk pantat bayi.”

4.Ulangi kegiatan tersebut sampai 2-3 kali/hari

5.Kemudian lakukan hal yang sama, dalam kata-kata utama lainnya, cara nya sesuaikan dengan sensasi serta kata utama yang diberikan



b. Bunyi: Adzan, Nasyid


1.Temukan kepala bayi

2.Letakan tape recorder pada perut ibu tepat di dekat kepala bayi

3.Katakan: “adzan” dalam 1 detik, kemudian hidupkan tape recorder yang berisi suara adzan tersebut, selama 5-10 detik

4.Ketika mematikan tape recorder, katakan: “bukan adzan

5.Ulangi kegiatan ini 2-3 kali selama 3-5 menit

6.Lakukan hal yang sama sesuai dengan sensasi dan kata-kata yang diberikannya


c. Fungsi Biologis Ibu & Anak: Batuk, Bersin, Tangis, Tawa, Cegukan


1. Arahkan tangan ibu di perutnya

2. Katakan: “batuk” sambil menepuk perutnya. Dalam 1 detik, si ibu menirukan suara orang batuk (misalnya: ukhuuuk..)

3.  Ulangi 2-3 kali

4. Begitu juga dengan kata yang lain, lakukan hal yang sama dengan cara sesuai dengan keadaa tersebut.


d. Suhu: Dingin & Panas


1.  Arahkan tangan ibu di perutnya

2.  Katakan dingin”, sambil menepuk perutnya. Dalam 1 detik, si ibu meminum minuman yang sejuk dingin, lalu katakan “dingin, dingin, dingin”

3. Begitu juga dengan kata “panas” tapi jangan lupa mengganti minuman dengan yang panas


e. Gerakan: Berdiri, Duduk, Ayun


1.  Ketika si ibu sedang duduk santai katakan “berdiri”, serta merta si ibu melakukan bangun berdiri sambil mengulang-ngulang  kata “berdiri, berdiri, berdiri”

2.Ketika si ibu sedang berdiri, katakan “duduk” serta merta si ibu melakukan duduk berdiri sambil mengatakan “duduk, duduk, duduk”

3.Untuk mengatakan kata “ayun, lakukan saat sedang berdiri sambil  mengayunkan badan ke kiri dan ke kanan dengan santai



30-31 Minggu

7,2-7,3 Bulan

Akidah


Tauhid

1. Temukan kepala bayi

2.Katakan: “Nak..ibu jelaskan tauhid” (masalah tauhid uluhiyyah, rububiyyah dan mulkiyyah serta asma wa sifat)

3.Jelaskan semua istilah itu dengan bahasa yang jelas, namun tetap sederhana untuk dimengerti sambil mengusap-usap perut nya tepat di atas kepala bayi, dengan usapan lembut penuh kasih sayang


Akhlak

Sosial

1. Mengajak bayi untuk bersama-sama melakukan perbuatan baik. Misalnya katakan: Nak…mari kita sedekah atau Nak…mari kita tengok kakak yang sedang sakit, dan sebagainya

2.Menjelaskan kata dan makna kebaikan yang dilakukan tersebut, misalnya jujur, baik, pintar, amanah, dan lain-lain


Keilmuan

Fiqih & Sejarah

1.Temukan kepala bayi

2.Gunakan mikrofon suara sedang atau corong suara. Arahkan tepat ke perut ibu tepat di kepala bayi

3.Bacakan buku-buku khusus atau terangkan masalah ilmu syariat, seperti: shalat, puasa, zakat, haji, umrah dan lain-lain, dengan bahasa singkat dan jelas, sambil mengusap-ngusap perut tepat diatas kepala bayi

4.Ceritakan sejarah orang-orang terdahulu (para Nabi, Rasul, Shalihin, dan lain-lain) sebagaimana yang dimuat dalam Al-Qur’an atau kitab-kitab sejarah

5. Bacakan ilmu yang sedang dikaji oleh orang tuanya (ibunya) dengan suara sedikit keras (sedang) sambil niat mengikutsertakan bayi dalam kandungannya


Seni

Seni Suara: Qira’at, Qur’an, Shalawat, Syair, Nyanyian, Nasyid

1. Temukan kepala bayi

2.Letakan tape recorder berisi suara-suara kategori seni

3.Katakan misalnya: Nak..mari kita membaca Al-Qur’an” atau “Nak…mari kita bershalawat”, dan sebagainya


Pada stadium ke-2 , susunan waktu dan materi pelajarannya dilakukan secara tertib, teratur, kontinue dan konsisten. Tujuannya agar anak dlam kandungan dapat memahami kata-kata sesuai sensasi yang dirasakannya atau diterimanya dari orang tua sehingga ia dapat melakukan pendidikan pra-lahir dengan baik, insya Allah, amien.

Sumber:

Islam, Ubes Nur. 2003. Mendidik Anak Dalam Kandungan: Optimalisasi Potensi Anak Sejak Dini, Cet.1. Jakarta: Gema Insani Pers.



0 komentar:

Posting Komentar

 

About